Senin, 26 Mei 2014

Ketika senja telah menjebakmu dalam lingkaran cinta dengan segala kerumitannya, akankah kau membenci senja detik itu juga? Apakah kau akan menyalahkannya? Memaki dan merutuk pada senja??
 Ingatkah kamu dengan semua pertanyaanmu malam itu dan berujung pada kata ‘i love you too’ ?? Lantas dua hari kemudian kamu justru menghilang tanpa kabar. Ketika hari di mana kamu berjanji memberiku hadiah sederhana yang terindah-yaitu foto wisudamu, tapi kamu justru lenyap bagaikan ditelan bumi!
***

Sore itu, ketika aku sedang berjalan sendiri ditaman, manikmati senja dan menghirup semilir angin sore yang menyejukkan. Tiba-tiba aku melihat seorang anak perempuan kuncir dua dengan pita besar dikepalanya sedang menangis di bawah pohon mahoni besar. Merasa kasihan, aku pun menghampirinya.
“Kamu kenapa?” tanyaku pada gadis kecil itu. Kira-kira umurnya baru lima tahun.
Bukannya menjawab pertanyaanku, tangis gadis kecil itu malah semakin kencang. Aku panik dan semakin bingung. Aku mencoba mengelus kepalanya dan kutanya lagi dengan selembut mungkin.
“Kamu kenapa? Jangan nangis dong, nanti cantiknya hilang loh!” seruku dan berharap bisa menghentikan tangisnya. Namun sia-sia.
“Hai cantik, kamu kenapa nangis? Mau ini nggak?” tiba-tiba kamu datang dan menyodorkan es krim di hadapan gadis kecil itu. Dan ajaibnya tangis gadis kecil itu langsung mereda.
“Mamaku ilang kak,,, hiks!”
“Oooh,, yaudah kamu ikut kakak, yuuk.Kamu mengajaknya sembari menggandeng tangan mungil gadis itu.
Heran, kenapa gadis kecil itu luluh sekali denganmu, pria asing yang baru saja hadir. Aku saja yang jelas-jelas baik hati gini nggak diperdulikan, malah tangisnya semakin kencang. Huffftt dasar anak kecil genit! Batinku merutuk tak jelas.
Aku hanya bisa memandangi kalian dalam kebisuan. Hatiku menyuruh untuk tidak membiarkan kalian. Dan kini langkahku pun mengikuti kemana arah kalian melangkah. Menjejaki jalan setapak yang terbuat dari batuan yang tak kutahu jenisnya. Akhirnya langkah kaki ini berhenti di kantor bagian keamanan taman kota. Ternyata kamu bukan penculik anak kecil seperti yang ada dalam otakku.
Setelah gadis kecil itu bertemu dengan mamanya, kini tinggallah aku dan kamu di depan pos keamanan. Baru saja aku ingin melangkahkan kaki pergi meninggalkan tempat ini tiba-tiba hujan turun dengan derasnya bagaikan air yang ditumpahkan dari atas langit.
Aku langsung berlindung lagi di bawah atap pos keamanan yang tak begitu sempurna melindungi kakiku dari percikan-percikan air hujan yang seoalah mengajak kakiku bermain. Kini aku hanya membisu, berdiri di sebelah pria asing ini sambil menikmati butiran-butiran air hujan yang jatuh tanpa beban.
Aku memandangi sekeliling taman. Sepi. Hanya ada ribuan air yang tumpah dari langit. Taman yang berada di kawasan Jakarta Pusat ini biasanya selalu ramai dengan berbagai orang dan berbagai kegiatan.
Burung-burung merpati putih yang menjadi alasanku untuk selalu datang kemari pun sudah tak terlihat lagi. Mereka bersembunyi dalam rumah-rumah kayu yang dibuat khusus di tiap-tiap bagian taman ini. Sebagai rumah untuk mereka berpulang.
“Langit,” katamu sambil menyodorkan tangan di hadapanku.
Aku menatap tangan yang terjulur itu dengan bingung.
“Namaku Langit, nama kamu siapa?” kamu memperjelas maksudnya tadi.
“Oohh,, nama kamu Langit? Aku kira kamu lagi ngigo.Aku meringis menatap kearahnya “Nina. Namaku, Nina
***

Ya,, itulah awal pertemuanku denganmu. Awal pertemuan dengan Langit yang selalu melukiskan jingga pada senja-senjaku selanjutnya. Diujung senja kami dipertemukan, melalui untaian kata kami dipersatukan. Aku dan Langit. Masih ingatkah, kamu?
Kami memiliki ketertarikan yang sama, yaitu terhadap senja dan puisi. Kala senja beranjak ke peraduannya, Langit selalu menyapaku melalui bait sajak yang mengusik sudut relung hatiku. Terlalu sering kamu merangkai kata indah untukku. Dan perlahan hatiku mulai luluh lantak karenamu.
Sejak pertemuan pertama kami di taman dan melalui obrolan singkat, kami saling bertukar nomor dan akun twitter. Melalui dunia mayalah kami semakin dipersatukan dan didekatkan.
“Nin, kamu main ke Bandung, dong. Jakarta-Bandung Cuma dua jam loh. Nanti pulangnya aku antar naik vespaku.
“Iya, Langit, nanti yaah kalo aku ada libur.
“Aku mau ngajak kamu ke tempat paling romantis.
“Di mana?”
“Bukit Bintang. Aku yakin kamu bakalan suka banget.
Bukit bintang selalu ada dalam angan-anganku semenjak obrolan kami malam itu. Berharap untuk bisa menikmatinya bersama Langit. Langit yang selama ini kumiliki sebagai senjaku, aku ingin menjadikannya juga sebagai malamku, kemudian fajarku.
***

Semalam, kamu berjanji untuk berbagi kebahagian denganku. Mengirim berbagai gambar kebahagianmu denganku.
 “Siap-siap besok kau akan kedatangan pemilik hatimu yang paling tampan, meski hanya melalui gambar. Tenang, sehari setelah wisuda, aku akan mengunjungimu, kujemput kamu lalu kita ke Bukit Bintang, ya,” ucapmmu pada perbincangan di telepon malam itu. Malam sebelum kamu diwisuda esok paginya. Dan ternyata malam di mana seharusnya aku pun mengucapkan salam perpisahan untukmu.
Pagi itu, pagi di bulan Desember yang cerah aku menggenggam erat handphoneku yang masih enggan berdering. Pagi ini adalah pagi yang paling kamu nanti. Pagi di mana kamu akan diwisuda. Selamat! Selamat penuh cinta dariku yang berjarak kilometer denganmu.
Aku masih ingat dan akan selalu ingat tentang angan dan mimpi-mimpimu.
“Aku ingin mengajar anak-anak di daerah pedalaman. Hasratku berbagi dengan mereka yang tak selalu di lihat dan dipandang tak bisa apa-apa. Aku yakin mereka bisa menjadi generasi penerus bangsa yang sedang rapuh ini.”
Aku tersenyum bangga mendengar inginmu, walau sadar jika itu artinya akan semakin menambah jarak kita. Tapi aku tak peduli pada jarak, sebab aku tahu bahwa hati kita tak akan pernah berjarak.
“Kalau aku ingin ke pedalaman, bagaimana?” tanyamu kemudian.
“Bagaimana apanya? Aku selalu mendukung apa yang baik untukmu, Sayang,” kataku lembut.
“Tapi itu artinya jarak kita akan semakin jauh.”
“Jarak kilometer bukanlah penghalang bagi hati yang sudah ditakdirkan untuk bersatu. Percayalah, jarak akan mengajarkan kita untuk lebih menghargai pertemuan dan merawat rindu dengan baik.”
“Terima kasih atas segala pengertianmu.”
“Terima kasih kembali atas segala yang tak pernah bisa kuucapkan dengan kata-kata.”
Aku masih menyimpan segala perbincangan kita perihal jarak, rindu, angan, mimpi dan segala tentangmu. Tentang kita. Sampai pagi ini. Pagi di mana tak jua kau beri aku kabar bahagiamu.
Aku berfikir bahwa kamu tengah sibuk dengan bahagiamu di sana. Aku menanti detik, menit, jam hingga malam menjelang. Segala chat, sms dan teleponku tak ada yang kau acuhkan.
Ada yang salah! Benar-benar ada yang salah!
Aku teringat perbincangan kita perihal kenangan. 'Aku tak percaya pada kenangan, aku hanya percaya pada senja-ku yaitu kamu,’ katamu begitu pasti. Kemudian aku kembali bertanya pada hati, masihkah itu berlaku?
Senja kita masih tersimpan rapi dalam rasa ini, dan aku masih percaya pada kenangan yang tak kau percaya. Kini aku terombang-ambing dalam rapuhnya harapan. Terbang dalam kenangan yang menyesakkan jiwa. Mungkin kini kamu telah menjadi sepenggal kenangan dalam senjaku.
Semenjak malam kau menghilang, benar-benar menghilang dari kisah yang kupikir akan berakhir indah ini. Hingga pada akhirnya beberapa minggu setelah malam itu aku menemukan sebuah foto. Fotomu bersama dengan seorang gadis manis berkerudung terpampang pada akun twittermu.
Tahukah kamu bahwa perasaan bukanlah untuk di permainkan? Masih ingat senja yang mempertemukan kita? Atau kenangan yang tidak kamu percaya itu?
Aahh, Langit, ternyata kau pun sama dengan mereka yang tiba-tiba datang dan kemudian pergi begitu saja tanpa jejak. Kalian sama!
Membuatku berfikir memutar otak dan memeras perasaan. Mengapa semua selalu berakhir seperti ini. Mungkinkah aku yang bersalah atas segala hal tentang kisah ini, hingga kau dan mereka-yang lalu-selalu dengan mudahnya pergi tanpa basa basi.
Sudahlah, tidak penting membahas hati dan perasaanku. Aku sudah terbiasa merawat lukaku sendiri. Luka-luka tersebab harapan yang tiba-tiba dihempaskan. Sembab tersebab air mata yang tanpa pernah kau tahu.
Jaga hatimu, jaga hatinya, semoga senjamu kali ini yang terindah dan tak berubah. Selamat berbahagia dengannya.
***

Dan tanpa perlu kau tahu pula, tempat ini masih menjadi tempat favoritku. Bukan maksudku untuk terus mengenang. Jangan salahkan jika aku adalah pengingat yang baik. Bukan maksudku untuk terus mengingat. Hanya saja aku sedang  menikmati prosesnya.



@fetihabsari

Feti Habsari . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates