Aku menulis, sebab aku tak sanggup berucap. Aku menulis sebab aku tak selalu didengar. Aku menulis, sebab aku ingin dikenang.

Minggu, 20 Agustus 2017

Top Selfie Kragilan, Wisata Hutan Pinus Milik Magelang


Kalau kita menjebut wisata hutan pinus, akan muncul banyak bayangan di dalam kepala. Hutan pinus yang mana? Di mana? Karena wisata hutan pinus merupakan hal yang sudah menjadi biasa belakangan ini. Bermula dari melejitnya nama hutan pinus Mangunan, Yogyakarta, maka muncullah beragam wisata hutan pinus yang tak hanya sekadar hutan dengan pohon pinus yang tinggi menjulang.

Kini hampir di setiap daerah nampaknya memiliki wisata hutan pinus. Magelang salah salah satunya. Wisata yang berlokasi di Desa Pogalan, Kragilan ini lebih populer dengan nama Top Selfie Kragilan. Warga memberinya nama Top Selfie Kragilan mungkin karena memang tempat ini memiliki background pemandangan yang indah untuk berfoto atau pun  sekadar berselfie ria. Serta nama tersebut diharapkan dapat banyak menarik minat para pengunjung. 

Beruntungnya, warga setempat telah sangat kreatif mengelola tempat ini sebagai tempat wisata yang kini semakin ramai dikunjungi. Sama dengan wisata hutan pinus lainnya, di tempat ini pun telah ramai dibuat berbagai sarana dan prasarana yang mampu menunjang hasil foto agar terlihat menarik. Hutan pinus yang mulanya tidak terlihat dari jalan raya tersebab lokasinya yang kurang strategis tampak dari jalan ini kini menjadi booming atas inisiatif warga setempat. 

Eksisnya media sosial membuat banyak orang berlomba-lomba memamerkan foto-foto kece mereka di laman sosial media masing-masing. Hal inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh berbagai tempat wisata. Berlomba-lomba mengasah kreatifitas menciptakan spot foto yang mengundang banyak rasa penasaran pengunjung.



Keseluruhan lokasi Hutan Pinus Kragilan ini memang sudah dibuat beragam spot foto. Di sini kita bisa berfoto mulai dari layaknya duduk-duduk di café melayang, ayunan yang melayang di ketinggian, sarang burung dengan background cantik, hingga hammock. Untuk berfoto di spot-spot tersebut pengunjung dikenakan biaya Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per orang. Di sini tersedia fotografer yang siap mengambil gambar serta mengarahkan gaya para pengunjung.

Bukan sekadar menjadikan Hutan Pinus Kragilan memiliki banyak pengunjung, tetapi warga Kragilan pun bertanggung jawab atasnya dengan meembentuk struktur organisasi yang baik sehingga wisata ini pun terjaga dengan baik. Top Selfie Kragilan buka setiap hari mulai pukul 06.00-18.00 WIB. Tidak boleh ada kegiatan berkemah atau mendirikan tenda di tempat ini.

Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir untuk masuk ke tempat ini. Selebihnya, pengunjung membayar di spot-spot foto tertentu jika ingin merasakan sesasi foto kekinian yang sudah lebih dulu eksis di media sosial.

Hal pertama yang  selalu menarik dari hutan pinus adalah jalanan panjang dengan jajaran pohon pinus menjulang tinggi di kanan kirinya. Di tempat ini kita pun bisa mendapatinya. Dari pintu masuk, jalan panjang menurun dengan jajaran pohon pinus di kanan kirinya merupakan spot foto alami yang cantik. Jika mengunjunginya di hari libur, pastinya hasil foto akan dihiasi oleh baanyaknya penampakan dari pengunjung lain.



Saya pun penasaran dengan spot foto café melayang yang ternyata memang harus dinaiki oleh dua orang agar seimbang. Sayangnya sudah dinaiki dua orang pun masih tidak seimbang. Sempat terjadi drama dan huru-hara sedikit sebelum dihasilkan foto yang lumayanlah. Badan gede tapi teriak-teriak yang bikin warga sekampung denger. Emang musti dibekep deh mulutnya si Bear nih. Hahahaa…. 😅

Begitu pun saat saya mengajak naik ayunan. Mulanya, ayunan model seperti ini telah lebih dulu eksis di wisata Lodge Maribaya, Bandung. Ada yang ekspresi mukanya nggak asik antara pingin naik, tapi juga nahan takut. Takut ayunannya putus. Sudah diarahin gaya sama fotografernya biar romantis ala-ala tapi ya tetap saja ya, ekspresi takutnya nggak bisa hilang. Lucu!!!

Belum lagi saat saya asik hammockan. Ada yang pingin hammockan juga tuh, tapi sayangnya hammock yang dipasang di sini hanya berkapasitas 100 kg. Menghindari hal yang tidak diinginkan, jadi lebih baik kamu jadi tukang foto ajalah ya, mas. Besok kubawa hammock sendirilah yang kapasitasnya bisa menampung 300 kg kalau mau main-main hammockan.



Ada yang pengen anaknya ya
habis fotoin keluarga ini


Di musim liburan, kamu harus bersabar dan antre saat ingin foto di spot-spot foto terlebih yang sedang hits. Antrean yang terjadi bisa panjang dan cukup memakan waktu loh.

Menurut saya, Top Selfie Kragilan ini berhasil menajdi wisata alternatif Kota Magelang yang layak dikunjungi. Terorganisirnya pengelolaan pun menjadikan tempat ini ramah bagi para wisatawan.


0 komentar:

© Feti Habsari, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena