Aku menulis, sebab aku tak sanggup berucap. Aku menulis sebab aku tak selalu didengar. Aku menulis, sebab aku ingin dikenang.

Kamis, 13 April 2017

Air Terjun Toroan; Eksotisnya Air Terjun di Bibir Pantai Toroan Khas Madura



Air Terjun Toroan telah menjadi destinasi favorit para wisatawan saat singgah di Pulau Madura. Kondisi alam Madura yang dikenal gersang dan luar biasa panas nyatanya tidak membatasi pesona alam yang ditawarkannya. Sebuah air terjun muncul sebagai pelepas dahaga di tengah kepungan pulau-pulau kecil nan cantik.

Berlokasi di Desa Ketapang Daya, Kecamatan Ketapang, Air Terjun Toroan merupakan satu-satunya air terjun yang ada di Kabupaten Sampang. Maka, sudah bisa dipastikan, saat kamu mengunjungi pulau yang super panas ini, jangan saampai melewatkan wisata Air Terjun Toroan.

Keistimewaan yang lain adalah airnya yang jatuh langsung ke lautan lepas. Memiliki ketinggia  20 meter yang bersumber dari Sungai Sumber Payung, letaknya yang menyatu langsung dengan lautan lepas pantai utara memang menjadi sebuah kelebihan tersendiri. Aliran air mengalir deras dan jatuh langsung menuju muara laut Pantai Toroan.

Tempat ini layak banget dijadikan spot untuk fotografi sebab panoramanya yang memang memikat. Datanglah saat menjelang matahari tenggelam, dijamin kamu akan mendapatkan gradasi pesona yang benar-benar sempurna. Suara deburan ombak dan hempasan air terjun menyatu dengan lautan lepas berpadu bersama langit yang kemerah-merahan.



Namun jika kamu mengunjungi saat di siang hari, bersiaplah untuk menerima sengatan matahari khas pantai Pulau Madura yang sangat terik. Saat air laut surut, wisatawan bisa turun ke bawah air terjun dan merasakan sesasinya berenang di bawah air terjun yang asin. Sedangkan saat laut sedang pasang, wisatawan hanya bisa menyaksikan perpaduan air terjun dan pantai ini dari sisi daratan.

Kemarin, saat mengunjunginya kondisi air laut tengah pasang dan tinggi-tingginya, sehingga hanya bisa merasakan sensasinya dari sisi daratan. Merasakan dinginnya air laut di tengah teriknya matahari siang sebenarnya membuat diri ingin bermain air di bawah guyuran air terjun yang tampaknya sangat segar. Saat siang hari sebenarnya kita tidak akan benar-benar menikmati wisatanya, sebab cuaca yang sangat panas.

Akses menuju ke destinasi wisata ini tidaklah sulit sebab jalannya yang sudah bagus. Saat tiba di parkiran, kamu harus berjalan kaki ke bawah dan menyusuri tepi pantai sebelum tiba di lokasi air terjun.

Di tempat ini bisa ditemukan sedikit ketenangan yang masih menyatu bersama alam. Terlebih saat senja dan pengunjung sedang tidak ramai. Sepertinya bisa kita temui nyanyian alam yang riuh dan ramai. 





@fetihabsari

0 komentar:

© Feti Habsari, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena