Aku menulis, sebab aku tak sanggup berucap. Aku menulis sebab aku tak selalu didengar. Aku menulis, sebab aku ingin dikenang.

Minggu, 01 Mei 2016

Strawberry Dalam Sepenggal Cerita


STRAWBERRY CHEESECAKE
Ayuwidya
Cetakan pertama, Maret 2016
PT Bentang Pustaka


Selama menjadi artis terkenal, tantangan kali ini benar-benar mengusik Alana. Demi menarik simpati pujaan hati yang tak kunjung menerima cintanya, Alana menerima tantangan itu . Reality show membuat kue! Di sinilah petaka dimulai. Alana bisa melakukan apapun, kecuali memasak. Kalau bukan karena Aidan, mana mungkin ia bersusah-susah melakukan ini.

Ia terpaksa harus berbohong di depan kamera bahwa ia mahir membuat cake. Adonan menjijikkan, kue bantat, dekorasi mengerikan adalah hasil karya Alana selama proses shooting. Untungnya, ia bertemu Regan, seorang karyawan baru di Strawberry Garden Deli, kafe tempat mereka shooting. Alana takjub dengan kemampuan Regan membuat kue. Karenanya, Alana membujuk Regan habis-habisan untuk mengajarinya demi keperluan shooting.

Meski Regan galak dan menyebalkan, Alana terpaksa belajar darinya. Alana benci harus menghadapi Regan yang sok cool itu setiap hari. Alana benci ketika Regan selalu meremehkan kemampuannya, yang sebenarnya memang tidak ada. Alana benci terlihat bodoh di depan Regan. Dan, yang paling tidak disukai Alana adalah ia benci harus menyangkal tunas-tunas perasaan yang tumbuh di hatinya, untuk Regan.

***

Strawberry Cheesecake adalah novel terbaru dari Ayuwidya. Sebuah novel fiksi romance dengan beragam drama asik dan juga humor seru. Selama mengenal Ayuwidya dan beberapa karya-karyanya, saya memiliki ketertarikan sendiri untuk melahap novel-novelnya. Sebab novel yang dibuatnya tidak hanya menyajikan kisah drama romance yang menye-menye dan selalu sedih tetapi juga selalu diselipkaan kalimat-kalimat yang membuat pembaca ingin tertawa.

Inilah keunggulan yang dimiliki oleh seorang Ayuwidya, menurut saya. Ia berhasil membuat pembaca untuk terus melahap cerita hingga akhir tanpa bosan dengan kalimat dan adegan-adegan yang diselipkannya itu. Coba bayangkan, ketika cerita sudah mulai menuju klimaks dan pembaca hampir meneteskan air mata, tiba-tiba sebuah kalimat muncul dan seketika membuatmu menarik kembali air mata dan justru malah meledakkan tawa atau juga senyum-senyum merona.

Manis dan asik. Itulah yang bisa saya katakan untuk novel Strawberry Cheesecake ini. Sebuah kisah fiksi romance yang manis-manis asam mirip halnya dengan rasa strawberry. Dua orang yang memiliki tujuan berbeda terjebak dalam satu tim memasak di  sebuah reality show. Kemudian ada hati dan perasaan yang turut campur.

Alana, tokoh utama yang merupakan seorang model dan sangat memperhatikan penampilannya. Ia bahkan memperlakukan tasnya seperti manusia, diajaknya ngobrol. Alana tidak suka memasak, ia bohong bahwa dia pintar masak hanya untuk menarik perhatian Aidan

“Apakah kamu tahu bagaimana rasanya melakukan sesuatu yang justru paling kamu benci untuk orang yang kamu cintai?” – Alana.

Aidan merupakan  seorang pria ganteng yang disukai oleh Alana. Aidan yang juga merupakan seorang artis ini ternyata hanya memanfaatkan posisi Alana yang lebih populer darinya untuk mendongkrak popularitasnya.

Di tengah perjuangannya untuk mendapatkan hati Aidan melalui hal yang paling Alana benci-memasak- di sebuah café di kota terpencil, Alana bertemu dengan Regan. Regan merupakan pastry chef misterius di kota kecil. Regan juga ketua salah satu geng motor dengan sikap yang cuek. Anak seorang pengusaha yang terjerat dalam kasus penyuapan ini berbakat dalam segala hal.

“Ketika kamu bebas melakukan hal yang kamu suka untuk dirimu sendiri, itulah kejujuran.” – Regan.

Kita punya cara sendiri-sendiri untuk bertahan hidup tanpa orang yang kita cintai. Sebagian orang bertahan dengan memori, sebagian lagi justru terluka karena memori. Jadi, kita tidak bisa memvonis seseorang itu kuat atau lemah berdasarkan caranya melupakan orang yang dicintai. - hlm 142.

Novel ini menyajikan drama romantis nan humor dengan cita rasa yang apik. Buat yang suka quote-quote manis, di novel ini juga bisa kalian temukan. Bagi kalian yang hobi memasak atau pun memiliki niat untuk belajar memasak, di dalam novel ini juga menyertakan beberapa resep cake dengan rasa strawbery yang dapat kalian praktekkan sendiri. Menikmati novel ini sambil melahap sepotong strawbery cheesecake mungkin akan sangat cocok. Serasi.

"Aku sudah tahu bagaimana rasanya hidup dalam kebohongan dan akan lebih menyakitkan lagi kalau sendirian." - Regan.

Saya sedikit tahu proses terbentuknya novel ini. Dan merasa beruntung bisa turut terlibat sampai akhirnya novel ini menetas dan menjadi anak selanjutnya dari seorang Ayuwidya.




@fetihabsari

© Feti Habsari, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena